JOSEP PEP GUARDIOLA PELATIH YANG SANGAT MENARIK

JOSEP PEP GUARDIOLA PELATIH YANG SANGAT MENARIK

Josep “Pep” Guardiola lahir pada tanggal 18 Januari tahun 1971. Dia adalah pelatih sepak bola Spanyol profesional dan mantan pemain yang saat itu menjabat sebagai manajer di Manchester City. Beliau dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dari generasinya. Guardiola adalah seorang gelandang kreatif dan teknis berbakat yang biasanya dimainkan dalam peran sebagai playmaking / playmaker dalam dataran sebagai gelandang bertahan. Dia menghabiskan sebagian besar karirnya bersama satu club yang merajadi di Spanyol yaitu Barcelona.
Pep Guardiola pun ​​membentuk bagian dari “Dream Team” untuk Johan Cruyff dan berhasil memenangkan Piala Eropa pertama kali pada tahun 1992. Tidak hanya itu saja, dia berhasil mendapat empat gelar La Liga berturut-turut dari tahun 1991 sampai 1994. Dia kemudian menjadi kapten tim pada tahun 1997-2001. Setelah dia keluar dari Barcelona, Beliaupun kemudian bermain untuk Brescia dan Roma di Italia, Al-Ahli di Qatar. Tidak sampai di situ saja, dia juga sampai pergi ke Dorados de Sinaloa di Meksiko saat pelatihan untuk menjadi seorang manajer.
KESUKSESAN PEP GUARDIOLA
Saat bermain di Italia, ia mendapat larangan empat bulan untuk tes obat yang menandakan bahwa dia positif. Meskipun ia diberbaskan dari kesalahan sebanyak dua kali, di banding pada tahun 2009 sebelum Pengadilan Kehakiman Federasi Sepakbola Italia dan Anti-Doping Pengadilan Federal Olimpiade Italia Komite (CONI). Pep Guardiola dibatasi 47 kali untuk bermain bersama Spanyol. Dan memenangkan medali emas Olimpiade pada tahun 1992. Kemudian muncul di Piala Dunia 1994 FIFA dan UEFA Euro pada tahun 2000. Dia juga sempat bermain saat pertandingan persahabatan untuk membantu Catalonia.
Setelah pensiun sebagai pemain, Pep Guardiola menjadi pelatih Barcelona B, dan pada tahun 2008 ia berhasil menjadi manajer tim pertama. Dalam musim pertamanya sebagai manajer, Guardiola dipandu Barcelona ke treble dan memenangkan La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions. Dalam kinerjanya, Guardiola menjadi manajer termuda yang memenangkan Liga Champions. Pada musim berikutnya, Guardiola memimpin Barcelona untuk memenangkan Supercopa de Espana, Piala Super UEFA, Piala Dunia Klub FIFA dan gelar La Liga kedua. Pada tahun 2011, Barcelona berhasil mengulang masa kejayaannya di bawah kepemimpinan Pep Guardiola. Beliau berhasil menjuarai La Liga, Supercopa de Espana dan UEFA Champions League. Pep Guardiola dianugerahi Parlemen Catalan Medali Emas, penghargaan tertinggi mereka di Spanyol.
Pada tahun yang sama, Guardiola juga berhasil mendapat penghargaan sebagai FIFA World Coach of the Year. Di musim keempat Guardiola juga berhasil memenangkan Copa del Rey, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub FIFA dan Supercopa de Espana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!