MALAYSIA USIR DUBES KOREA UTARA (KANG CHOL)

MALAYSIA USIR DUBES KOREA UTARA (KANG CHOL)

Duta Besar Korea Utara (Korut)  untuk Malaysia.

Kang Chol, akhirnya angkat bicara soal pengusirannya. Dia bersih keras soal tuduhanya terkait penyelidikan pembunuhan Kim Jong-Nam dan menyebut Malaysia mengambil ‘langkah ekstrem’ yang merusak hubungan bilateral. Usai dinyatakan persona non grata oleh Kementrian Luar negeri Malaysia pada Sabtu (4/3) waktu setempat. Dubes Kang Chol memiliki waktu 48 jam untuk segera angkat kaki dari Negeri Jiran itu. Paling lambat Senin (6/3) petang ini. Dubes Kang Chol harus meninggalkan Malaysia.

Dubes Kang Chol tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) bersama istri dan ankanya yang berusia 5 tahun. Dia dijadwalkan akan terbanag ke Beijing, China terlebih dahulu dengan pesawat malaysia Airlines pukul 18.25 waktu setempat. Dari Beijing, dia dan keluarganya akan melanjutkan penerbanganya ke Pyongyang. Sebelum masuk keruangan tunggu KLIA, Dube Kang Chol memberikan pernyataan kepada kerumunan besar wartawan yang telah menunggunya di terminal keberangkatan.

Pernyataan-pernyataan yang pernah saya sampaikan merupakan ekspresi dari posisi yang semestinya sebagai Duta Besar Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK). Di negara ini dalam penyelidikan yang sengaja ditargetkan, oleh kepolisian Mlaysia”, tegas Dubes Kang chol kepada wartawan, dalam bahasa Korea yang kemudian diterjemahkan seorang penerjemah.

“Mereka (Malaysia) telah melakukan  autopsi tanpa ijin maupun kehadiran Kedutaan besar DPRK, dan kemudian menangkap seseorang warga DPRK tanpa bukti yang jelas menunjukan keterlibatanya dalam insiden ini.” Imbuhnya, merujuk pada pria Korut bernama Ri Jong-Chol yang akhir pekan lalu dibebaskan dan dideportasi oleh Malaysia setelah ditahan selama 2 minggu.

Saat ditanya  wartawan setempat apakah njib masih menginginkan permohonan maaf dari Korut, dia menjawab. “Sekarang ini kami tidak mendapatkan apapun. Saya tidak mengaharapkan apapun.”

“Mereka seharusnya meminta maaf. Jadi didasarkan prinsip,kita telah menyatakan persona non grata garta terhadapnya,” imbuh Najib , ,erujuk pada Dubes Korut Kang Chol.

Ini berarti kita tegas menjaga kehormatan kita, tidak adfa seorang pun yang bisa  merusak kita atau menggangu kita sesuka hati mereka.’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!