DI WILAYA TEMANGGUNG CABAI MULAI NAIK SANGAT TINGGI

DI WILAYA TEMANGGUNG CABAI MULAI NAIK SANGAT TINGGI

DI WILAYA TEMANGGUNG CABAI MULAI NAIK SANGAT TINGGI :  Dalam beberapa hari terakhir, harga cabai merah keriting di tingkat petani perlahan menunjukkan grafik kenaikan. Dari sebelumnya Rp 12.000 per kilogram saat ini berada di kisaran Rp 15.000 per kilogramnya. Salah seorang petani cabai asal Kelurahan Madureso Kecamatan Temanggung. Kabupaten Temanggung, Mat Isroi membeberkan, adanya kenaikan harga sebesar Rp 3.000 tersebut ia ketahui setelah ada seorang pedagang yang datang langsung ke ladangnya dan menawar dengan harga Rp 15.000 per kilogram.

Dikatakan, secara umum harga cabai merah keriting di tingkat petani terus mengalami kenaikan. Hal ini ditunjukkan dengan harga pekan lalu yang masih berada di kisaran Rp 8.000 per kilogram kemudian naik menjadi Rp 12.000 per kilogram, dan saat ini menembus Rp 15.000 per kilogram.

Harganya memang naik terus sejak beberapa hari terakhir. Karena skarang cabai udah susah di tanam maka harga cabai sangat meninggkat dan bawang bputih pun segera akan naek juga setelah cabai menaik. Katanya, Rabu (26/7).

Untuk musim ini, ia mengaku menanam sekitar 2.000 batang pohon cabai di ladang miliknya. Buah cabai sendiri dapat dipanen hingga dua puluh kali dan menghasilkan sekitar 20 kilogram dalam setiap kali petik. Terlebih, kondisi tanaman cabai saat ini relatif bagus, mengingat curah hujan juga mulai berkurang. Dengan harga jual yang mencapai Rp 15.000 per kilogram tersebut. Para petani mengaku sudah dapat menutup ongkos produksi yang sebelumnya dikeluarkan untuk membeli bibit tanaman. Menyiapkan lahan tanam, membeli plastik rol. Biaya perawatan, membeli pupuk, hingga pestisida atau obat pembasmi hama.

Kalau harapannya ya harganya terus naik agar kami bisa mendapat hasil yang lumayan saat musim panen kali ini. Sementara itu, petani lain. Badriyah mengatakan bahwa harga cabai rawit merah di tingkat petani cenderung mengalami penurunan pasca periode Lebaran beberapa waktu lalu. Namun demikian, dalam beberapa hari terakhir harganya juga mulai merangkak naik.

Sekarang harganya stabil di kisaran Rp 22.000 per kilogram,” pungkasnya.

JANGAN LUPA MEMBACA : Penderitaan Yang Akan Dialami Tubuh Saat Menahan Buang Air Besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!